Home > AstroStuff > Menikmati Matahari dengan Aman

Menikmati Matahari dengan Aman

Matahari sebagai bintang terdekat dari bumi tentunya bisa kita amati dan abadikan keindahannya dengan menggunakan alat-alat optik. Seperti teleskop, binokular, dan kamera digital. Pancaran matahari yang memasuki bumi dan kemudian difokuskan oleh alat optik akan mengakibatkan kerusakan pada retina mata apabila intensitasnya tidak dikurangi. Hal ini bisa dibuktikan apabila kita meletakkan kertas di bawah kaca pembesar dan diarahkan ke matahari, seketika kertas akan terbakar. Sehingga untuk mengurangi intensitas cahayanya yang terlalu besar mutlak diperlukan filter matahari.

Filter matahari biasanya terbuat dari bahan kaca yang dilapisi campuran nikel dan kromium atau terbuat dari milar yang dilapisi dengan logam. Filter jenis ini bisa didapatkan di vendor-vendor penyedia filter matahari sebagai berikut,

http://www.astro-physics.com

http://www.baader-planetarium.com

http://www.coronadofilters.com

http://www.kendrick-ai.com

http://www.OrionTelescopes.com

http://www.rainbowsymphony.com

http://www.SeymourSolar.com

http://www.thousandoaksoptical.com

Untuk pengamatan matahari secara langsung dapat digunakan filter dari bahan yang sederhana. Filter matahari aman digunakan apabila kerapatan optiknya 5 atau lebih. Filter dapat dikatakan aman apabila memiliki kekedapan yang baik terhadap sinar UV dan Inframerah.

Bahan sederhana yang aman digunakan untuk fiter matahari film hitam putih (Kodak TMAX 100 atau Kodak PlusX sudah diuji dan aman untuk pengamatan matahari ataupun gerhana matahari secara langsung). Bahan jenis ini aman karena memiliki lapisan perak setelah film dicuci. Bagaimana cara membuat filter matahari ini? Sediakan satu rol film hitam-putih dan 2 lembar kertas karton (ukuran dapat disesuaikan dengan besarnya potongan film). Pertama, buka semua rol film dan paparkan di cahaya matahari selama 60 detik. Setelah film terbakar, cuci film ini seperti biasanya. Apabila kita akan memprosesnya di Foto Studio, sertakan catatan bahwa film ini memang sudah terbakar dan minta untuk jangan memotong negative film ini. Setelah itu, potong negative film ini dengan ukuran sekitar 5 x 5 cm (tergantung kebutuhan). Agar filter jenis ini aman digunakan, tempelkan 2 potongan negative film ini. Dan tempelkan ke kartas karton yang sebelumnya telah kita beri lubang. Filter ini pun siap digunakan untuk pengamatan matahari secara langsung. Sebagai catatan jangan gunakan hanya satu lapis negative film hitam putih ataupun negative film warna. Film warna tidak memiliki lapisan perak yang dapat melindungi retina mata. Selain itu film warna tidak memiliki kekedapan yang cukup pada pancaran gelombang infra merah. Hampir 50 % radiasi infra merah diteruskan dengan filter film warna.

Sedangkan untuk Floppy disk dan CD tidak begitu aman sebagai bahan filter matahari. Hal ini disebabkan oleh tidak seragamnya kualitas produk ini. Terdapat beberapa produk CD hanya dilapisi film aluminium yang tipis. Mengenai keamanan berbagai bahan filter pernah dilakukan pengetesan oleh Ralph Chou dan inilah hasil yang diperolehnya,

filter

Sumbu y menggambarkan tingkat kekedapan filter, semakin besar bilangannya berarti semakin aman filter tersebut. Sedangkan sumbu y adalah radiasi dalam pancaran ultraviolet dan infra merah.

Selamat menikmati indahnya matahari..have a clear skies!!

sumber utama : http://www.mreclipse.com

Advertisements
Categories: AstroStuff
  1. HS
    January 16, 2009 at 4:34 am

    Walaupun gerhana terjadi sore hari, apakah tetap berbahaya bagi mata ? Bagaimana dengan kacamata hitam ? bisakah digunakan sebagai filter ?

  2. January 16, 2009 at 5:15 am

    @HS
    walaupun gerhana terjadi sore tetap berbahaya bagi mata dan jangan hanya menggunakan kacamata hitam. Karena yang dibutuhkan bukan hanya seberapa gelap alat yang kita gunakan tapi kemampuan untuk tidak meneruskan pancaran gelombang matahari yang membahayakan retina mata.

  3. January 20, 2009 at 3:52 am

    Kalo CDROM dan DVD kualitasnya beda ga kk? Kan DVD lebih tebel tuh?

  4. January 21, 2009 at 2:37 am

    Thanks infonya, cuman ada masalah nih, saya sudah keliling-keliling nyari film hitam putih macam TMAX 100 atau Kodak PlusX tapi gak dapet2, waduh, sekarang udah gak ada yang jualan film hitam putih lagi, semuanya berwarna. apa bisa menggunakan bahan lain? thanks.

  5. January 21, 2009 at 6:49 am

    @edwards

    Sebenarnya diantara CDROM pun ada yang memenuhi syarat digunakan sebagai filter..klo ga salah tergantung seberapa tebal lapisan aluminiumnya. Kalau DVD mungkin memang lebih tebal, tapi saya sendiri belum menemukan dan mencoba mencari artikel yang mendukung. Tapi daripada gambling soal kualitas, jadi mungkin jangan digunakan. Taruhannya terlalu mahal..

  6. January 22, 2009 at 4:11 am

    @ awas
    Emang agak2 susah sekarang nyari film hitam putih..apalagi yang kodak.Kalo awas berdomisili di Bandung, bisa di dapatkan di kamal foto di jl.braga..tapi ada juga yg menjual kacamata gerhana,ini link nya http://tokoteleskop.com/index.php?option=com_content&task=view&id=12&Itemid=27

  7. triben
    January 24, 2009 at 8:05 pm

    di koperasi bosscha jualan kaca mata kertas khusus untuk melihat Matahari cuma harganya Rp25.000 impor bo. Saya beli bulan lalu pas main ke sana. Mestinya sih ini peluang bisnis sampingan ya.

  8. siti latifah
    January 28, 2009 at 3:55 am

    “Sedangkan untuk Floppy disk dan CD tidak begitu aman sebagai bahan filter matahari. Hal ini disebabkan oleh tidak seragamnya kualitas produk ini.”
    Aduh gimana dong kemaren saya memoto gerhana cincin dan melihatnya pake lembaran disket, tapi dilapis 3? mata saya bisa rusak dong? kalo mau lihat hasil fotonya di sitilatifah08.wordpress.com

  9. Treante
    February 14, 2009 at 1:51 pm

    gimana dengan melihat dnegan cara melihat gerhana itu di air yang sengaja ditampung di bak? apakah sama berbahayanya???

  10. February 16, 2009 at 7:39 am

    @latifah
    lain kali mungkin jgan diulangi saja..walaupun sudah di lapis tiga resiko masih tetap ada.Kalau saya lebih menyarankan yg sudah teruji saja..btw fotonya bagus2..senangnya bisa menikmati gerhana dalam cuaca yg cerah..

  11. Ayu
    February 19, 2009 at 10:33 am

    @treante

    klo menggunakan air sbg media melihat gerhana matahari setau saya masih tidak terjamin keamanannya dan masih berbahaya bagi mata.

  12. rfaisal
    April 29, 2009 at 3:08 am

    “Agar filter jenis ini aman digunakan, tempelkan 2 potongan negative film ini. Dan tempelkan ke kartas karton yang sebelumnya telah kita beri lubang. Filter ini pun siap digunakan untuk pengamatan matahari secara langsung.”

    Berarti, kita lihat dari lubang itu ? Dan lubang itu yang sebetulnya harus dilapisi dengan 2 potongan negative film ?

  13. April 30, 2009 at 8:34 am

    @faisal

    iya, begitu. Negative film tersebut diletakkan di lubang yang ada di kertas.

  14. May 18, 2009 at 8:29 am

    Aduh gimana dong kemaren saya memoto gerhana cincin dan melihatnya pake lembaran disket, tapi dilapis 3? mata saya bisa rusak dong? kalo mau lihat hasil fotonya di sitilatifah08.wordpress.com

    lain kali mungkin jgan diulangi saja..walaupun sudah di lapis tiga resiko masih tetap ada.Kalau saya lebih menyarankan yg sudah teruji saja..btw fotonya bagus2..senangnya bisa menikmati gerhana dalam cuaca yg cerah..

    Bukannya kalau pakai kamera tidak terlalu bermasalah ya? Kecuali kalau kameranya SLR/DSLR dan pemotret ngambil foto sambil mengintip obyek lewat lensa.

  15. bundafa
    January 23, 2010 at 4:58 am

    apa ya manfaat fenomena alam ini bagi makhluk hidup
    thanks y .

  1. January 21, 2009 at 9:15 am
  2. January 22, 2009 at 11:09 am
  3. January 24, 2009 at 1:34 pm
  4. July 28, 2009 at 5:04 am
  5. January 5, 2010 at 12:36 pm
  6. January 13, 2010 at 6:52 am
  7. January 14, 2010 at 6:52 am
  8. January 19, 2010 at 2:09 am
  9. January 19, 2010 at 2:14 am
  10. March 20, 2011 at 7:18 am
  11. May 4, 2011 at 9:06 am
  12. December 9, 2012 at 8:01 am
  13. January 1, 2013 at 11:03 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: